Kunjungan Industri Mahasiswa Diploma IPB Bogor

Kunjungan Industri Mahasiswa Diploma IPB Bogor

Kunjungan Industri Mahasiswa Diploma IPB Bogor

“Untuk menghasilkan satu produk apa saja proses yang harus dilalui kang?”

“berapa hari  yang dibutuhkan untuk produksi misalnya 100pcs?”

“bagaimana supply chain bahan bakunya?”

“Apakah karyawan digaji bulanan?”

“Bagaimana dengan rincian biaya untuk harga pokok produksinya?”

Itulah beberapa pertanyaan yang diajukan oleh rekan-rekan dari Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program Diploma Institut Pertanian Bogor (IPB), Masih dengan khas mahasiswa IPB yang selalu kritis dan dinamis. Dalam setiap mata kuliah yang diambil di Program Diploma IPB, biasanya pada akhir semester ada sebuah tugas akhir yang harus dikerjakan sebagai tindakan aplikatif dari hasil pembelajaran selama semester tersebut, kemudian hasilnya akan dipresentasikan di depan kelas.

Kunjungan Industri mahasiswa

Bulan lalu, SablonBogor.com menerima kunjungan industri dari rekan-rekan mahasiswa Diploma IPB Bogor. Kunjungan industri sebagai salah satu tugas mata kuliah yang mengangkat tema tentang proses produksi UMKM dan macam-macam akuntansi biaya yang diaplikasikan didalamnya. Suatu kehormatan untuk SablonBogor.com melayani dan berpartisipasi dalam tugas akhir rekan-rekan mahasiswa Diploma IPB.

Perkenalan

Perkenalan

Kunjungan industri diawali dengan tata krama, saling mengenal satu sama lain serta uraian mengenai hal dan tujuan dari kunjungan ini. Selain memberi sedikit gambaran tentang alur proses produksi. Dalam tata krama ini juga, mahasiswa banyak bercerita mengenai proses belajar dan tahapan-tahapan pembelajaran di Program Diploma IPB. Tak heran apabila para lulusan Diploma IPB siap terjun dalam dunia kerja, karena pada proses pembelajarannya 70% Praktek dan 30% teori.

Proses Produksi dan Akuntansi Biaya

Selanjutnya rekan-rekan mahasiswa mulai mendokumentasi proses  produksi. Pertama yaitu proses potong. Apabila pesanan dari konsumen adalah produk layanan kami seperti kaos, kaos kerah, kemeja, jaket dan lainnya maka kami gunakan pola yang sudah ada. Sebaliknya, apabila pesanannya berupa kombinasi dan campuran bahan di beberapa bagian, maka pola baru kami bikinkan. Proses potong merupakan hal dasar yang sangat penting untuk jadinya sebuah produk, karena dari sini semua berawal.

Proses Potong di SablonBogor.com

Proses Potong di SablonBogor.com

Setelah proses potong selesai, tahapan selanjutnya yaitu proses jahit atau proses sablon/bordir. Tahapan kedua ini disesuaikan dengan model pesanan konsumen. Ada yang melalui proses jahit dulu sebelum di sablon/bordir, ada pula yang di sablon/bordir terlebih dahulu sebelum dijahit.

Dokumentasi Proses Jahit

Dokumentasi Proses Jahit

Dokumentasi Proses Potong

Dokumentasi Proses Sablon

Bagian terakhir yaitu quality control dan packaging, pada tahapan ini selain mengontrol kualitas jahitan dan hasil sablon/bordir, dilihat juga kesesuaian hasil produksi dengan data pesanan konsumen seperti rincian ukuran, model jahitan, jenis bahan dan lainnya.

Proses QC di SablonBogor.com

Proses QC di SablonBogor.com

Akuntansi biaya menjadi bahasan yang kami diskusikan selanjutnya. Diskusi mengenai bagaimana menetapkan Harga pokok produksi(HPP), jenis-jenis biaya overhead (OH) apa saja yang dibebankan, berapa jumlah SDM yang terlibat pada biaya tenaga kerja langsung(TKL). Pada waktu kapan nilai titik impas atau break even point (BEP) diperoleh. Laporan Laba Rugi perusahaan dan arus kas pun tak luput dari pertanyaan yang diajukan oleh rekan-rekan mahasiswa Diploma IPB.

Diskusi tentang Akuntansi Biaya

Diskusi tentang Akuntansi Biaya

Demikian proses kunjungan industri mahasiswa yang dapat admin rangkum, semoga bermanfaat untuk Anda. Bagi rekan-rekan mahasiswa lainnya yang ingin melakukan kunjungan industri, SablonBogor.com dengan senang hati akan mensupport selama masih dalam koridor yang dikuasai. Silahkan hubungi customer service SablonBogor.com

Salam.

Sablon Bogor.

Comments

comments

Low price jerseys company in clearance price. Fabulou jerseys company made from the high quality materials.